Wilhelminanews.com

Website Berbagi Informasi Bermanfaat

Finansial Lifestyle

Cara Menabung Saham Untuk Jaminan Hari Tua

Cara menabung saham bisa menjadi jaminan hari tua seperti halnya menabung uang di bank. Namun agar hasilnya menguntungkan tentunya tak sekedar prinsip investasi saja namun juga perlu melakukan analisa pergerakan harga saham.

Untuk memenuhi dan mencukupi kebutuhan masa tua dengan aman, banyak orang yang mulai tertarik dan mencari alternatif investasi lainnya. Salah satunya adalah dengan menabung saham.

Ketimbang menyimpan uang, menabung saham ternyata jauh lebih menguntungkan. Jika menympan uang ke bank hanya bisa menghasilkan bunga, namun dengan saham kita dapat memberikan nilai tambah yang signifikan saat lembarannya akan kita ambil.

Cara Menabung Saham

Apalagi jika kita menabungnya dalam jangka waktu yang lama, maka keuntungan yang akan kita dapatkan juga semakin berlipat ganda. Karena itu bukan tanpa alasan jika investasi saham mengundang minat banyak orang.

Tahukah Anda bagaimana sih cara menabung saham? Bentuk investasi ini merupakan cara yang efektif yang sedang populer khususnya bagi anak muda. Apalagi ini bisa menjadi alternatif yang menarik dari sekedar menabung dalam bentuk uang.

Sejumlah saham yang Anda beli akan masuk sebagai aset dari perusahaan. Ketika rapat pembagian keuntungan saham, maka keuntungan tersebut dapat masuk dan tersimpan dalam rekening Anda. Begitu seterusnya hingga Anda sudah tua.

Yuk Mengenal Cara Menabung Saham

Menabung saham berarti menyimpan sejumlah lembaran saham atau stock dengan cara membeli beberapa lembar. Saham lantas kita simpan sebagai dividen atau keuntungan yang akan dihasilkannya.

Menabung saham berbeda dengan trading saham meskipun keduanya sama-sama dengan membeli saham. Jika trading harus menjual saham untuk mendapatkan keuntungan, sedangkan investasi saham dengan menyimpan keuntungan sebagai deviden.

Sesuai dengan prinsip awalnya yaitu menabung, maka jika kita belum membutuhkan dividen maka kita tidak akan mengambilnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut cara menabung saham dan langkah-langkahnya.

Prosedur Menabung Saham

Untuk investasi saham, Anda perlu membuka rekening lewat perusahaan sekuritas. Pastikan bahwa perusahaan tersebut sudah terdaftar dan berada dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ini penting untuk memastikan agar Anda memilih perusahaan sekuritas yang tepat dan terpercaya. Beberapa tak sedikit bank yang sudah membuka perusahaan sekuritas untuk mempermudah akses nasabahnya yang ingin investasi atau melakukan jual beli saham.

Jika Anda sudah memilih perusahaan sekuritas, Anda perlu membuka rekening saham sebagai media untuk transaksi saham maupun investasi dalam bentuk saham. Cara menabung saham sangat mudah dan bisa kita lakukan dengan online.

Siapkan saja KTP atau paspor, fotokopi buku tabungan, kartu NPWP, fotokopi kartu keluarga, dan materai. Kemudian tentukan berapa jumlah uang yang akan Anda alokasikan untuk menyimpan saham.

Selanjutnya Anda perlu memilih saham yang akan Anda jadikan sebagai tabungan. Jumlah minimal saham yang bisa Anda beli pada perusahaan sekuritas adalah 1 lot atau 100 lembar saham. Saham yang telah Anda pilih akan menjadi simpanan Anda.

Setelah itu Anda akan harus menyetorkan dana setiap bulannya untuk menambah investasi Anda. Tabungan tersebut terutama bertujuan untuk membeli saham dari perusahaan lain dan menambah keuntungan yang masuk ke dalam rekening Anda.

Tips Penting dalam Menabung Saham

Cara menabung saham merupakan bentuk investasi kangka panjang. Berbeda dengan trading saham yang bersifat jangka pendek. Namun untuk meningkatkan keuntungan atau nilai investasi, maka Anda juga perlu mengetahui perkembangan saham yang Anda simpan.

Anda perlu banyak membaca, bertanya, dan berdiskusi tentang saham yang akan mempertajam strategi investasi Anda. Anda juga perlu melakukan analisa agar semakin lihai dalam menjual saham ke bursa efek saat tiba waktunya mengambil keuntungan.

Mencari harga saham yang murah memang mudah. Namun memilih saham yang efektif dan cenderung meningkat nilainya bukan perkara simpel. Pengetahuan dan ketrampilan ini bisa Anda dapatkan dengan mengetahui jenis saham yang diperjualbelikan.

Walau tergolong mudah setiap aset yang kita beli atau objek yang kita simpan sebagai tabungan memiliki risiko. Karena itu penting menganalisa risiko saham agar Anda tidak salah langkah ke depannya.

Selain itu Anda harus mengenali jenis saham yang akan Anda jadikan investasi. Memahami perputaran aset dan keuntungan yang akan Anda dapatkan bisa menghindarkan Anda dari penyesalan atas ketidaktahuan cara menabung saham yang benar.