Wilhelminanews.com

Website Berbagi Informasi Bermanfaat

Otomotif

Kenali Gejala Rack Steer Rusak Sejak Dini Cegah Biaya Perawatan Mahal

gejala rack steer rusak

Masalah yang sering terjadi pada bagian kontrol kemudi atau biasa disebut dengan rack steer dikarenakan usia pakai hingga tipe pengemudi yang kasar. Adapun awal dari kerusakan ini sendiri terjadi dimulai saat karet boot roda mengalami sobek. Kemudian, adanya kotoran yang masuk serta menempel pada bagian gigi yang sebelumnya sudah dilumasi dengan minyak gemuk. Akibatnya, akan terjadi gerakan gigi yang bersinggungan saat berputar dan tentu saja akan berpotensi merusak gigi rack. Atau, bisa juga karena roda menghajar lubang dengan kecepatan maksimum atau tinggi yang membuat tanpa sadar akan saling berhubungan dengan roda saat terjadi benturan. Nah, inilah beberapa gejala rack steer rusak yang mau tidak mau harus segera diperbaiki.

Memang, jika kondisi rack steer rusak cukup parah maka si pemilik mobil mau tidak mau harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Hal ini disebabkan karena biasanya pihak pabrikan hanya memberikan onderdil secara utuh alias tidak per satuan. Dan tentu saja, harganya bisa melambung tinggi terlebih jika Anda menggantinya di bengkel biasa alias tidak resmi. Belum lagi biaya untuk jasa bongkar pasang  dan resiko kurangnya pengalaman teknisi yang mengerjakan.  Satu hal yang tidak diinginkan bukan?

Untuk itu, sangatlah penting memahami gejala rack steer rusak sedini mungkin guna mencegah hal diatas. Anda tidak perlu mengeluarkan dana lebih karena sejak merasakan hal yang tidak mengenakkan saat membawa mobil maka teknisi akan menanganinya dengan baik. Misalnya saja terdengar suara yang cukup melengking pada roda kemudi. Terlebih saat mobil dalam keadaan lambat yang membuat suara mendengung kian terdengar. Karena bisa saja kerusakan yang dialami tidak terlalu parah sehingga bisa menggunakan alternatif lainnya. Misalnya saja mengecor ulang dan membentuk gerigi baru. Biasanya, pihak teknisi sangat memahami apa mereka lakukan sesuai dengan tingkat kerusakan yang terjadi. Namun, agar tak salah pilih ada baiknya mempelajari tentang apa saja yang berkaitan dengan kerusakan yang terjadi pada rack steer agar mendapatkan pertimbangan.