Wilhelminanews.com

Website Berbagi Informasi Bermanfaat

Kuliner Lifestyle

Nasi Timbel Komplit Sunda Dengan Citarasa yang Menggoda

Nasi timbel komplit merupakan salah satu kuliner Sunda yang sangat menggoda. Pada dasarnya, nasi timbel sama dengan nasi pada umumnya.

Akan tetapi, penyajiannya yang membedakannya. Bagi anda yang belum begitu paham dengan kuliner Sunda satu ini, penyajian nasi timbel dengan cara dibungkus menggunakan daun pisang.

Dengan aroma yang wangi dan khas, jenis nasi yang digunakan pun nasi yang pulen. Pada umumnya, nasi timbel tersaji bersama dengan ayam goreng, tempe, dan tahu goreng. Tidak lupa pula dengan sajian khas Sunda lainnya, yakni lalapan dan sayur asem.

Nasi Timbel Komplit Sunda

Nasi Timbel Komplit Sunda

Bagi anda yang sering berkunjung ke rumah makan khas Sunda, saat membuka daftar menu seringkali menemukan nama makanan yang sudah tidak asing lagi. Makanan tersebut adalah nasi timbel atau timbel komplit.

Nasi timbel merupakan kuliner khas Sunda yang konon dulunya merupakan bekal makanan yang dibawa oleh para petani untuk makan siang di sawah. Bekal tersebut berupa nasi yang terbungkus menggunakan daun pisang lengkap dengan lauk pauknya.

Hingga kini, nasi timbel menjadi cukup populer hampir di setiap rumah makan khas Sunda. Menariknya lagi, makanan khas Sunda ini hingga sekarang masih mempertahankan ciri khasnya, yakni dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Mengenal Citarasa Nasi Timbel Komplit Khas Sunda

Nasi timbel sebenarnya sama dengan nasi putih lainnya. Yang membedakan hanyalah pada nasi timbel menggunakan pembungkus daun pisang. Selain itu, nasi timbel memiliki tekstur yang lebih pulen, tidak terlalu lembek, serta tidak terlalu keras.

Kenikmatan menyantap kuliner khas Sunda ini akan terasa sangat kental apabila tersaji ketika nasi masih dalam keadaan hangat.

Sebagai pelengkap dalam sajian nasi timbel, terdapat beberapa pilihan. Mulai dari ayam goreng, ayam bakar, atau dapat pula dengan sepotong ikan asin jambal roti.

Tentunya hidangan ini juga lengkap dengan sambal dan lalapan yang pastinya akan menambah selera makan siapa saja yang memesannya. Sambal untuk melengkapi sajian nasi timbel komplit pun bervariasi sesuai dengan pilihan.

Pada umumnya, beberapa rumah makan khas Sunda akan menghidangkan nasi timbel dengan sambel trasi. Lalu untuk sajian pelengkapnya, saat ini nasi timbel dapat anda nikmati dengan sayur asem, tempe, dan tahu goreng.

Rekomendasi Rumah Makan Sunda yang Menawarkan Nasi Timbel

Bagi anda dan keluarga yang melakukan liburan ko kota Bandung, maka sempatkan untuk makan siang dengan menu yang khas, salah satunya nasi timbel.

Terdapat beberapa warung makan khas Sunda yang menawarkan menu nasi timbel dengan cita rasa yang khas, antara lain:

Nasi Timbel Kemuning

Rumah makan khas Sunda yang menyediakan nasi timbel komplit dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan ciri khas sambal yang pedas dan gurih, sehingga sangat nendang rasanya.

Warung nasi timbel ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi. Nasi Timbel Kemuning beralamat di Jl. Arcamnik Endah No 85, Sukamiskin, Bandung.

Nasi Timbel Bawean

Salah satu rumah makan khas Sunda yang cukup legendaris ini berdiri sejak 1985. Seporsi nasi timbel komplit yang tersedia pada warung makan ini berisi nasi dengan terbungkus daun pisang, perkedel, ayam goreng, ati ampela, sambal, dan lalapan.

Untuk dapat menikmati Nasi Timbel Bawean, anda langsung saja berkunjung ke alamat Jl. Bawean Pav 3, Bandung Merdeka, Bandung.

Kedai Timbel Dago

Merupakan kedai yang cukup populer di kota Bandung. Dengan lokasi yang sangat strategis, kedai makan ini memiliki menu nasi timbel yang sangat lezat.

Menu tradisional ini lengkap dengan lauk pauk yang sangat beragam. Seperti ayam goreng, pepes ikan, ayam bakar, sambal khas, dan lalapan. Kedai Timbel Dago beralamat di Jl. Ir. H. Juanda No 117, Dago Bandung. Lokasinya strategis dan mudah ditemukan.

Bagi anda yang tertarik untuk membuat nasi timbel komplit khas Sunda di rumah, cara pembuatan dan bahan yang anda perlukan pun cukup mudah untuk anda peroleh. Hal terpenting dalam pembuatan nasi timbel adalah sambalnya. Karena nasi timbel tanpa sambal tentu rasanya akan hambar dan terasa kurang.