Wilhelminanews.com

Website Berbagi Informasi Bermanfaat

Kesehatan Lifestyle

4 Jenis Vitamin Penting untuk Tambah Nafsu Makan Si Kecil

Apakah Anda sedang menghadapi masalah anak susah makan? Dan apakah Anda sudah mencoba berbagai cara, tapi masih belum ada hasilnya? Dalam situasi seperti ini, memberikan suplemen vitamin untuk anak susah makan bisa Anda pertimbangkan jadi solusi yang layak dicoba.

vitamin untuk anak susah makan

Apalagi, di dalam suplemen penambah nafsu makan, terdapat berbagai kandungan nutrisi penting yang bisa mengatasi masalah anak susah makan sambil memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak bisa terpenuhi. Salah satunya adalah beragam jenis vitamin penting. Lalu, apa saja ya vitamin-vitamin yang penting untuk anak susah makan?

Vitamin A

Selain penting dalam menjaga kesehatan mata, vitamin A juga berperan besar dalam pertumbuhan dan perkembangan si kecil secara keseluruhan, lho! Sebab, vitamin yang satu ini dapat memelihara kesehatan kulit juga, menunjang pertumbuhan tulang yang sehat dan kuat, hingga memperkuat sistem imun alias daya tahan tubuh si kecil agar ia tak mudah sakit.

Vitamin B Kompleks

Vitamin B terdiri atas berbagai jenis seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12. Oleh karena itu, vitamin B sering kali dikenal juga sebagai vitamin B kompleks. Salah satu fungsi utama dari vitamin B kompleks adalah untuk meningkatkan nafsu makannya. Oleh karena itu, tak heran jika vitamin ini mudah ditemukan dalam suplemen penambah nafsu makan anak, kan? Di samping itu, vitamin B kompleks juga bisa meningkatkan energi untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan otak optimal.

Vitamin C

Adanya kandungan antioksidan di dalam vitamin C membuat vitamin yang satu ini punya peran efek luar biasa dalam menjaga daya tahan tubuh. Dan pada si kecil yang masih dalam tahap tumbuh dan berkembang, tubuh yang sehat tentu sangat penting, kan? Ditambah lagi, vitamin C juga bisa bantu penyerapan zat besi yang berasal dari makanan hingga menambah nafsu makan si kecil, lho!

Vitamin D

Salah satu peran penting vitamin D adalah untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan menjaga kadar kalsium dalam jumlah normal di dalam darah. Oleh karena itu, vitamin D berperan besar dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi. Tapi, tak hanya itu saja fungsi vitamin D, terutama untuk anak. Sebab, vitamin D juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh buah hati agar tak mudah sakit, serta menambah nafsu makannya.

Hanya saja, meskipun pemberian suplemen vitamin penambah nafsu makan terlihat sebagai solusi final, jangan terburu-buru langsung memberikan suplemen kepada si kecil, ya. Perhatikan apa yang anak makan, serta hitung kecukupan nutrisinya setiap hari. Sebab, bila anak tetap dalam kondisi sehat dan tumbuh-kembangnya normal, suplemen penambah nafsu makan barangkali tak dibutuhkan.

Di samping itu, konsultasikan pula kepada dokter spesialis anak agar Anda tidak keliru memilih suplemen. Apalagi, pemberian vitamin dalam jumlah yang berlebihan justru bisa berdampak buruk pada kesehatan buah hati.